OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Yatta!! Kumamoto-Indonesia Friendship Association Festival 2016

Alhamdulillah penyelenggaraan KIFA Festival 2016 telah berlangsung dengan lancar pada 13 November 2016. KIFA Festival adalah sebuah Festival yang diselenggarakan atas kerjasama KIFA (Kumamoto-Indonesia Friendship Association) beserta PPIJ Kumamoto dan segenap warga Indonesia di Kumamoto. KIFA Festival 2016 yang berlangsung di Kumamoto City International Center ini merupakan penyelenggaraan Festival KIFA yang ke-4. Festival kali ini terasa lebih spesial berkat kedatangan perwakilan KBRI Tokyo, Atase Pendidikan Ibu Alinda Zain yang didampingi Ibu Farida.

KIFA Festival 2016 yang dibawakan oleh duet MC Michiyo-san dan Mas Lukman ini diawali dengan sambutan dari President KIFA, Yoshiomi Mori-sensei dan kemudian dilanjutkan sambutan dari perwakilan KBRI, Ibu Alinda. Pada sambutannya yang menggunakan bahasa Indonesia dengan tujuan memperkenalkan Bahasa Indonesia lebih luas ke masyarakat Jepang ini, Ibu Alinda menyampaikan belasungkawa atas Gempa Kumamoto April 2016 yang lalu dan mendoakan agar Kumamoto bisa segera bangkit kembali. Ibu Alinda berterimakasih pada KIFA yang telah telah peduli pada warga Indonesia di Kumamoto dengan berbagai agendanya dan juga berterimakasih kepada Pemerintah Kumamoto yang telah memperlakukan warga Indonesia di Kumamoto dengan perlakuan sama ketika gempa April lalu terjadi.

dsc_0979SAMSUNG DIGITAL CAMERAcimg1808

Acara KIFA Festival 2016 Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Saudari Yukiko Nabila Putri, Mahasiswa Master tahun ke-2 di Kumamoto University. Saudari Yukiko yang lahir dan menjalani masa kecilnya di Kumamoto ini dengan lancar mempresentasikan penelitiannya yang bergerak di bidang pertanian sembari memperkenalkan Indonesia pada seluruh hadirin menggunakan Bahasa Jepang. Acara lantas dilanjutkan dengan penampilan dari Pianist Hiromi Yoshitake-san dan Saxophonist Mei Yamasaki-san, mereka membawakan beberapa lagu traditional Jepang seperti Akatonbo, Furusato, dan juga lagu ciptaan dari Mei Yamasaki-san.

dsc_1016dsc_1019

Setelah break 10 menit, akhirnya giliran teman-teman dari Indonesia yang sudah pada tidak sabaran untuk tampil ini tiba juga. Penampilan diawali dengan dialog antara MC dengan perwakilan dari pelajar Indonesia yaitu Latifah Munawaroh dan Febriyansyah Saputra tentang kesan pesan dan harapan mereka di Jepang, khususnya di Kumamoto. Siang itu, ada 3 lagu daerah yang dibawakan oleh teman-teman dari Indonesia: Takana Jo Kampuang, Rek Ayo Rek, dan Ayo Mama. Penampilan teman-teman dari Indonesia ini turut diiringi oleh Mei Yamasaki-san, Hiromi Yoshitake-san, Ryuma Hayashi-san (perkusi) dan juga Yoko Yoshinaga-san (flute). Konser diakhir dengan menyanyikan lagu Ue O Muite Arukou (Sukiyaki) yang dipimpin langsung oleh President KIFA, Mori-sensei. KIFA Festival 2016 ini tentu menjadi sebuah moment yang akan sulit dilupakan terutama bagi teman-teman pelajar dan warga Indonesia yang tampil di konser ini. Semoga konser ini sesuai harapannya benar-benar bisa mendekatkan antara warga Kumamoto dan warga Indonesia di Kumamoto, sehingga kedepannya bisa terjalin hubungan yang baik dan semakin baik lagi.(ds)

photo by: Hendarmawan, Andra, Budiman

video by: Lazuardi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *