logo_univ

Ingin melanjutkan studi di Kota Kumamoto? Yuks kita cari tahu, kampus apa saja yang ada di sana…

Kumamoto terletak di tengah pulau Kyushu, Jepang bagian selatan. Kota ini terkenal dengan suasana alamnya yang masih terjaga. Di bagian timur provinsi Kumamoto, menjulang tinggi gunung api Aso yang masih aktif. Sedangkan di bagian baratnya, membentang pantai Amakusa dengan gugusan pulau kecil yang dihubungkan oleh lima buah jembatan. Di tengah Kota Kumamoto juga terdapat Istana Kumamoto yang terkenal dan dikelilingi oleh banyak pepohonan. Suasana perbukitan di sekeliling kota menciptakan atmosfer yang nyaman untuk tempat belajar. Kumamoto juga terkenal dengan sumber mata air tawar yang bermutu tinggi sebagai sumber air minum bagi warganya. Bila anda tertarik melanjutkan studi di tempat yang alami, maka Kota Kumamoto adalah pilihan yang tepat.

Lalu kampus apa saja yang ada di Kota Kumamoto? Setidaknya di sini terdapat empat perguruan tinggi yang bisa dijadikan rujukan, yaitu Kumamoto University, Prefectural University of Kumamoto, Sojo University dan Tokai University. Universitas atau perguruan tinggi dalam bahasa Jepang disebut 大学 (daigaku). Nama-nama universitas yang ada di Kumamoto biasa diucapkan secara singkat oleh orang Jepang sebagai berikut: Kumadai (Kumamoto University), Kumamotokenritsudai (Prefectural University of Kumamoto), Sodai (Sojo University) dan Todai (Tokai University).

Kumamoto University
Kumamoto University merupakan salah satu universitas tertua di Jepang dengan tujuh fakultas, delapan sekolah pasca sarjana dan 18 pusat penelitian yang mendukung kegiatan pendidikan dan penelitian. Saat ini, tercatat setidaknya 8100 mahasiswa S1, dan 2000 mahasiswa pasca sarjana dengan lebih dari 470 mahasiswa internasional dari 47 negara. Kebanyakan mahasiswa asal Indonesia melanjutkan studi di kampus ini. Universitas ini mempunyai tiga lokasi kampus yaitu Kurokami, Honjo-Kuhondi dan Oe. Website Kumadai dapat diakses dari url http://ewww.kumamoto-u.ac.jp/en/.

Prefectural University of Kumamoto
Universitas ini didirikan pada tahun 1949, terdiri atas tiga fakultas yaitu the Faculty of Letters, the Faculty of Environmental & Symbiotic Sciences, and the Faculty of Administration dan masing-masing mempunyai program pasca sarjana. Sekitar 2200 mahasiswa S1 dan pasca sarjana sedang menempuh pendidikan di kampus ini. Alamat kampus ini adalah 3-1-100, Tsukide, Higashi-ku, Kumamoto, 862-8502, Japan TEL +81-96-383-2929 FAX +81-384-6765. Untuk informasi lebih lanjut silakan mengakses website dengan url http://www.pu-kumamoto.ac.jp/english/.

Sojo University
Sojo University merupakan perguruan tinggi private di Kumamoto yang telah berdiri sejak 1949. Kampus ini mempunyai lima fakultas yang membuka program S1 dan pasca sarjana. Kelima fakultas tersebut yaitu Faculty of Engineering, Faculty of Computer and Information Sciences, Faculty of Biotechnology and Life Science, Faculty of Art dan Faculty of Pharmaceutical Sciences. Alamat kampus ini 4-22-1 Ikeda Kumamoto City, Japan TEL +81-96-326-6810 FAX +81-96-326-6801 E-mail nyushi@ofc.sojo-u.ac.jp. Adapun website nya dapat diakses dari url http://www.sojo-u.ac.jp/en/index.html.

Tokai University
Universitas Tokai didirikan pada tahun 1942 oleh Shigeyoshi Matsumae. Universitas ini juga merupakan private university. Tokai University di Kumamoto ini adalah satu dari 8 lokasi kampus yang tersebar di seluruh Jepang. Alamat nya di 9-1-1 Toroku, Higashi-ku, Kumamoto-shi, Kumamoto 862-8652. Universitas memiliki 21 program S1, 20 program pasca sarjana dan satu sekolah profesi. Sebanyak 29849 mahasiswa tercatat sedang menempuh studi di sini. Kerjasama internasional yang ada di kampus ini juga banyak, sebagai indikatornya sebanyak 748 mahasiswa internasional dari 12 negara belajar di sini. Untuk informasi lebih lanjut, silakan anda kunjungi websitenya dengan url http://www.u-tokai.ac.jp/english/ untuk website utama dan http://www.u-tokai.ac.jp/about/campus/kumamoto/ untuk kampus Kumamoto.

Semoga tulisan ini bermanfaat, khususnya bagi rekan-rekan yang tertarik melanjutkan studi di Kumamoto. (bn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *