img_5946-3.jpg

Gempa 4 SR, situasi Kumamoto aman dan kondusif

Kumamoto (1/9). Gempa skala 4 dikabarkan kembali melanda Kumamoto dan sekitarnya. Sebagaimana dilaporkan situs Japan Meterological Agency (http://www.jma.go.jp/en/quake/quake_local_index.html), pada hari Rabu 31 Agustus 2016 pukul 19.46 tercatat gempa 4,9 SR dan Kamis 1 September 2016 pukul 06.33 tercatat gempa 4,7 SR. Gempa ini terasa cukup keras goncangannya dan mengingatkan sebagian warga termasuk WNI di Kumamoto akan peristiwa gempa besar 4 bulan silam. Efek gempa juga dilaporkan terasa di sebagian besar wilayah Kyushu dengan intensitas 2-3 SR. Situasi Kumamoto dan sekitarnya dilaporkan aman dan terkendali. Tidak tampak kepanikan di masyarakat. Kehidupan kota berjalan seperti biasa. Namun demikian, warga dihimbau untuk selalu waspada dan siaga mengingat gempa susulan bisa saja terjadi.

Kejadian gempa dua hari ini juga menjadi perhatian dari komunitas WNI di Jepang dan PPI Jepang di luar Kumamoto. Mereka segera menanyakan kabar kondisi WNI di Kumamoto kepada Ketua PPIJ Kumamoto (Reza Fuad Rachmadi) dan tokoh WNI di Kumamoto (Pak Marlo). Sebagaimana dilaporkan oleh Pak Marlo, perwakilan Konjen RI di Osaka (Pak Slamet) telah menelepon untuk memastikan kabar baik kondisi WNI di Kumamoto. Pesan beliau, “Mohon teman-teman tetap waspada dan jangan ragu menghubungi Konjen RI di Osaka bila ada hal-hal yang diperlukan”.

Rekan-rekan PPIJ Korda Okinawa-Kyushu yang diwakili oleh Pak Taufik Alif dan Pak Asep Denih juga telah menyampaikan perhatiannnya kepada WNI di Kumamoto melalui PPIJ Kumamoto. “Kami mengucapkan terima kasih atas doa dan perhatian dari semuanya termasuk perwakilan pemerintah RI dan rekan-rekan PPI Jepang”, pungkas Reza.

Semoga situasi Kumamoto tetap aman, terkendali dan kondusif.(bn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *